Senin, 28 Maret 2011
10 Hal penting dalam mengelola Website Bisnis versi NTB BLOGGER COMMUNITY.
Punya bisnis (sekelas UKMsekalipun) tetapi tak memilikiwebsite, sepertinya sekarangsudah terasa kuno. Namun banyakperusahaan yang website-nyahanya perpanjangan displaypemasaran saja yang tidakdikelola dengan baik. Bahkanuntuk menghubungi ke manaharus membeli barang yangditawarkan pun sulit karenainformasi nomor telepon takdicantumkan di website.Nah, ada 10 hal penting yangharus diikuti jika mengelola bisnisagar efektif fungsinya.1.Website harus menggambarkandengan jelas siapa kita.Pengunjung yang datang kewebsite kita sebaiknya janganbiarkan ia mencari-cari siapasebenarnya kita atau apa yangkita tawarkan. Untukmemudahkannya, menurut JohnZhuang, dari Winning Interactive,perusahaan desain web,sebaiknya di halaman pertamasudah tampak nama kita danproduk apa yang ditawarkan."Pengunjung harus bisa menarikkesimpulan dalam 2-3 detik dansetelah itu ia akan terdoronguntuk mengekplorasi apa sajayang ada di website tersebut,"katanya.2. Simpel. Gunakan nama domainyang mudah diingat dan simpel.Sebaiknya hindari nama domainyang menggunakan garispenghubung (misalnya, bisnis-ku.com) atau angka karena itubisa memusingkan SEO.3. Desain website sederhana danmudah navigasinya.Intinya,pengunjung dibuat mudahmenemukan apa yang dicarinya.4. Mudah menemukan contactinformation. Jika kita tak maukehilangan konsumen yang sudahtertarik pada produk yang kitatawarkan di website, sebaiknyacantumkan nomor kontak teleponatau email yang bisa dihubungi.Kalau perlu buat juga form isianuntuk menghubungi kita. Jangan biarkan pengunjung mencari-cari.Bahkan majalah Forbesmenyarankan cantumkan jugaalamat dan peta Google map.5. Testimoni. Sertakan jugatestimoni konsumen. Pengakuanyang jujur (testimoni) dari parapengguna produk atau jasa kitaakan membantu calon konsumenkita segera percaya pada apayang ditawarkan. "Orang sukamendengan cerita langsung daripengguna sebenarnya," ujarZhuang.6. Perjelas apa yang diharapkandari pengunjung. Jikamengharapkan pengunjungmenerima pesan diskon kita,sebaiknya tunjukkan pesan itudengan jelas. Misalnya, kata"diskon" dibuat lebih tebal danjelas sehingga mudah terlihat.Atau buat link khusus ke arahketerangan selanjutnya yangmudah ditemukan.7. Pahami dasar-dasar SEO(Search Engine Optimization). SEOini akan memudahkan websiteatau informasi di website kitaditemukan mesin pencari (sepertiGoogle, Yahoo, dan sebagainya).Tak perlu membuat kata kunciyang sulit dan tak berhubungandengan bisnis kita. Buatlahkeyword yang relevan yangterdapat dalam keterangan, link,atau judul halaman itu.8. Konten segar dan berkualitas.Untuk sebagian besar bisnis,website adalah kesan pertamayang akan diterima konsumen.Karena itu berilah kesan terbaikbagi pengunjung. Berikankontennya original, ditulis denganbaik dan bernilai bagi pengunjung.Jangan lupakan update. Kontenyang segar akan menjadi kuncisukses SEO-nya juga.9. Website aman. Gunakanplatform yang membuat websitekita aman dari pembajakan. Iniakan membuat pengunjungnyaman saat mengeksplorasikonten kita. Selain itu, denganplatform yang tak mudahdiobrak-abrik hacker, itu akanmemudahkan kita mengelolanya.10. Desain website familiar.Umumnya pengunjung akanmembuka satu halaman dulusebagai tes dengan mengulurnyahingga habis. Jika merasa nyamanbaru akan membaca isi halamantersebut. Oleh karena itu buathalaman web' tak memusingkanpengunjung. Hal yang pentingdiperhatikan adalah:-Buat paragraf-paragraf pendekdan bila perlu denganmenggunakan subjudul.-Gunakan poin-poin (bullet point)untuk memerinci bahasan yang akan memudahkanpembaca memahaminya.-Highlight informasi pentingseperti dengan huruf tebal atau warna tertentu.(Disarikan dari Entrepreneur.com)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar